Wednesday, November 18, 2015

Pengantar Bisnis Semester III

Pengantar Bisnis

Pengantar Bisnis Semester III
Pengantar Bisnis Semester III

Kerjakan Latihan Soal berikut!

  1. Sebutkan apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan manusia, jelaskan bagaimana teori hirarki kebutuhan menurut Maslow!

    Jawab:

    Yang dapat memenuhi kebutuhan manusia adalah barang (benda atau produk) dan jasa, seperti misalnya makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan.

    Teori Hirarki kebutuhan menurut Maslow adalah suatu model akademis kebutuhan yang dikembangkan oleh Abraham Maslow, menyatakan bahwa manusia memiliki berbagai tingkat kebutuhan, mulai dari keamanan sampai aktualisasi diri. Ia beranggapan bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi menjadi hal yang memotivasi.

    Hierarki Kebutuhan Maslow

    Berikut adalah hierarki kebutuhan menurut Abraham Maslow:
    1. Kebutuhan Fisiologis

      Yaitu kebutuhan paling dasar pada setiap orang, adalah kebutuhan fisiologis yakni kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya secara fisik.

    2. Kebutuhan Akan Rasa Aman

      Setelah kebutuhan-kebutuhan fisiologis terpuaskan secukupnya, muncullah apa yang disebut Maslow sebagai kebutuhan-kebutuhan akan rasa aman. Kebutuhan-kebutuhan akan rasa aman ini diantaranya adalah rasa aman fisik, stabilitas, ketergantungan, perlindungan dan kebebasan dari daya-daya mengancam seperti perang, terorisme, penyakit, takut, cemas, bahaya, kerusuhan dan bencana alam. Kebutuhan akan rasa aman berbeda dari kebutuhan fisiologis karena kebutuhan ini tidak bisa terpenuhi secara total. Manusia tidak pernah dapat dilindungi sepenuhnya dari ancaman-ancaman meteor, kebakaran, banjir atau perilaku berbahaya orang lain.

      Menurut Maslow, orang-orang yang tidak aman akan bertingkah laku sama seperti anak-anak yang tidak aman.

    3. Kebutuhan Akan Rasa Memiliki Dan Kasih Sayang

      Jika kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman telah terpenuhi, maka muncullah kebutuhan akan cinta, kasih sayang dan rasa memiliki-dimiliki. Kebutuhan-kebutuhan ini meliputi dorongan untuk bersahabat, keinginan memiliki pasangan dan keturunan, kebutuhan untuk dekat pada keluarga dan kebutuhan antarpribadi seperti kebutuhan untuk memberi dan menerima cinta.

    4. Kebutuhan Akan Penghargaan

      Setelah kebutuhan dicintai dan dimiliki tercukupi, manusia akan bebas untuk mengejar kebutuhan akan penghargaan.

    5. Kebutuhan Akan Aktualisasi Diri

      Tingkatan terakhir dari kebutuhan dasar Maslow adalah aktualisasi diri. Maslow melukiskan kebutuhan ini sebagai hasrat untuk semakin menjadi diri sepenuh kemampuannya sendiri, menjadi apa saja menurut kemampuannya.

  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan barang ekonomi dan non ekonomi!

    jawab:

    Didalam ilmu Ekonomi, barang dapat dibedakan berdasarkan ketersediaannya menjadi dua jenis, yaitu:
    1. Barang ekonomi

      Merupakan Barang yang tersedia dalam jumlah yang lebih sedikit dari pada jumlah maksimum yang dibutuhkan masyarakat dan untuk dapat memperolehnya diperlukan pengorbanan.
      Contoh: barang tambang baik migas dan non migas, sepatu, pakaian, jasa guru mengajar, jasa pengacara, jasa dokter.
    2. Barang Non ekonomi / Barang Bebas

      Barang yang sudah tersedia dalam jumlah yang melebihi kebutuhan manusia dan tidak perlu membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya.
      Contoh: air, udara, sinar matahari, angin, hujan, dan lain-lain.


  3. Sebutkan apa yang dimaksud keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi Perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya!

    Jawab:

    Yang dimaksud dengan keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya adalah lingkungan perusahaan.

    Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
    1. Lingkungan Eksternal

      Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan.

      Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi:
      1. Lingkungan eksternal makro

        Adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contohnya:
        • Keadaan alam => SDA, lingkungan.
        • Politik dan hankam => kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada => menciptakan.
        • Hukum;
        • Perekonomian;
        • Pendidikan dan kebudayaan;
        • Social dan budaya;
        • Kependudukan;
        • Hubungan internasional.
      2. Lingkungan eksternal mikro

        Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
        Contoh:
        • Pemasok / supplier: yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
        • Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
        • Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
        • Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.

    2. Lingkungan Internal

      Adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
      Contoh :
      • Tenaga kerja;
      • Peralatan dan mesin;
      • Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana);
      • Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan;
      • Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.

  4. Apa perbedaan antara Firma dan Perseroan Terbatas Tbk.

    Jawab:

    Perbedaan Firma dengan Perseroan Terbatas Terbuka adalah:
    • Firma (Fa) adalah badan usaha yang didirikan oleh 2 orang atau lebih dimana tiap-tiap anggota bertanggung jawab penuh atas perusahaan sedangkan pada Perseroan Terbatas Tbk, setiap pemegang surat saham mempunyai hak atas perusahaan dan setiap pemegang surat saham berhak atas keuntungan (dividen).
    • Modal firma berasal dari anggota pendiri serta laba / keuntungan dibagikan kepada anggota dengan perbandingan sesuai akta pendirian, sedangkan Perseroan terbatas (PT) adalah badan usaha yang modalnya diperoleh dari hasil penjualan saham.
    • Para sekutu di dalam Firma aktif di dalam mengelola perusahaan, sedangkan pemilik saham Perseroan Terbatas Tbk tidak perlu aktif mengelola perusahaan.
    • Tanggung jawab pada Firma tidak terbatas atas segala resiko yang terjadi, sedangkan pada Perseroan Terbatas Tbk Tanggungjawab terbatas pemegang saham atas hutang perusahaan.
    • Kelangsungan hidup perusahaan Perseroan Terbatas Tbk lebih terjamin karena perusahaan tidak bergantung pada beberapa pemegang saham dan pemegang saham dapat berganti-ganti kepemilikan, sedangkan kelangsungan Firma akan berakhir jika salah satu anggota mengundurkan diri atau meninggal dunia.

  5. Apa yang dimaksud manajemen sebagai ilmu dan seni, jenjang manajemen, hubungan antara fungsi manajemen dengan kegiatan masing-masing bagian dalam suatu perusahaan?

    Jawab:

    Yang dimaksud manajemen sebagai ilmu dan seni:
    Manajemen merupakan suatu ilmu dan seni karena manajemen telah menjadi suatu ilmu pengetahuan dan dipelajari sejak lama, kemudian diorganisasikan ke dalam teori-teori ilmu pengetahuan. Gejala-gejala manajemen diteliti dengan menggunakan metode ilmiah yang dirumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip yang diwujudkan dalam bentuk suatu teori ilmu pengetahuan.

    Sedang manajemen sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerjasama dengan orang lain, dalam hal tersebut diperlukan seni untuk dapat memerintahkan pada orang lain agar mau bekerjasama mencapai tujuan.

    Jenjang Manajemen:
    Dari segi tingkatan atau jenjang dalam organisasi, manajemen dibagi menjadi tiga golongan yaitu:
    1. Manajemen Lini: atau manajemen tingkat pertama yaitu tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain, misalnya mandor atau pengawas produksi dalam suatu pabrik pengawas teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya.
    2. Manajemen menengah (Midle Manager): yaitu mencakup lebih dari satu tingkatan didalam organisasi.
    3. Manajemen Puncak (Top Manajer): terdiri atas kelompok yang relatif kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi.

    Hubungan antara fungsi manajemen dengan kegiatan masing-masing bagian dalam suatu perusahaan:
    Fungsi manajemen menentukan kegiatan masing-masing bagian dalam suatu perusahaan terutama dalam hal perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

0 comments:

Post a Comment