Friday, March 27, 2015

Apa itu Analisa SWOT?

Analisa SWOT

SWOT analysis (sering juga disebut matriks SWOT) adalah metode perencanaan terstruktur yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terlibat dalam sebuah proyek atau dalam bisnis usaha.

Bagan_Analisa_SWOT
Bagan Analisa SWOT.

Sebuah analisis SWOT dapat dilakukan untuk produk, tempat, industri atau orang. Ini melibatkan menentukan tujuan usaha bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang baik dan menguntungkan untuk mencapai tujuan itu.

Beberapa SWOT penulis kredit kepada Albert Humphrey, yang memimpin sebuah konvensi di Stanford Research Institute (sekarang SRI International ) pada tahun 1960 dan 1970-an dengan menggunakan data dari Fortune 500 perusahaan. Namun, Humphrey sendiri tidak mengklaim penciptaan SWOT, dan asal-usul tetap tidak jelas. Sejauh mana lingkungan internal perusahaan sesuai dengan lingkungan eksternal dinyatakan oleh konsep strategis cocok.

Metode perencanaan terstruktur tersebut antara lain adalah:
  • Strengths / Kekuatan: karakteristik usaha atau proyek yang memberikan keuntungan lebih dari orang lain.
  • Weaknesses / Kelemahan: karakteristik yang menempatkan bisnis atau proyek pada kerugian relatif terhadap orang lain.
  • Opportunities / Peluang: elemen yang proyek bisa memanfaatkan untuk keuntungan perusahaan.
  • Threats / Ancaman: elemen dalam lingkungan yang dapat menyebabkan masalah bagi bisnis atau proyek.

Apa_Itu_Analisa_SWOT
Apa itu analisa SWOT?

Identifikasi SWOT adalah penting karena mereka dapat menginformasikan langkah-langkah selanjutnya dalam perencanaan untuk mencapai tujuan.

Pertama, para pengambil keputusan harus mempertimbangkan apakah tujuan dapat dicapai, mengingat SWOTs. Jika tujuannya adalah tidak dicapai tujuan yang berbeda harus dipilih dan proses berulang.


Pengguna analisis SWOT perlu bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menghasilkan informasi yang berarti untuk setiap kategori (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) untuk membuat analisis manfaat dan mencari keunggulan kompetitif mereka.

0 comments:

Post a Comment